Blogger Widgets -->

BUKAN SEMBARANG MEDIA AKSES PENGETAHUAN

Oleh: Laras FHN


Pengetahuan zaman ini, sudah lebih mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi serta pengembangan-pengembangan daya manusia terbaru kini semakin canggih dengan memberikan berbagai macam manfaat di dalamnya. Salah satunya yaitu kemudahan memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan. Informasi dan ilmu pengetahuan pada beberapa tahun silam memang sulit didapatkan, tetapi sekarang hampir semua kalangan masyarakat mengetahui adanya berita-berita terbaru. biayanya yang terjangkau, dan cukup membayar tagihan listrik untuk informasi televisi, dan membayar quota data browsing dengan harga yang terjangkau untuk layanan internet. Cara mendapatkan informasi dan pengetahuan itulah yang membuat masyarakat tidak pernah tertinggal informasi maupun pengetahuan.
Namun, di sisi lain beberapa orang menganggap informasi yang ditayangkan baik dan menambah wawasan pengetahuan, tetapi nyatanya banyak orang yang menyalahgunakan media akses informasi tersebut dengan hal-hal yang kurang penting, bahkan membahayakan kita. Seperti iklan-iklan/promosi dengan iming-iming hadiah berupa uang atau pun barang mewah yang kini marak di kalangan masyarakat. Akibatnya, kini banyak masyarakat yang sering menjadi korban hal tersebut, seperti kelalaian dalam mengakses internet yang hanya menginginkan keuntungannya saja, padahal, di dalam internet kita sangat perlu adanya sikap waspada dan efektif, misalnya membeli barang tanpa mengetahui siapa pedagangnya, dan benar atau tidak dia adalah produsen yang terpercaya.
Selain iklan dan promosi, situs-situs khusus orang dewasa sudah tersebar di seluruh jaringan internet. Hal itu mengakibatkan anak-anak di usia dini yang mulanya hanya mengakses untuk pengetahuan saja, kini menjadi penasaran dengan hal-hal yang bersifat kedewasaan yang membuat anak terus mencari informasi dengan usia yang belum cukup. Pengetahuan dari situs seperti inilah yang membuat kepribadian anak menjadi tidak stabil, hingga menjadi gangguan fisik atau mental, seharusnya, kemajuan teknologi informasi seperti inilah orang tau harus berperan serta dalam mengawasi anak-anaknya, jangan sampai terjerumus ke jalan yang salah dari sejak kecilnya.
Maka dari itu, pentingnya penyaringan media internet dan keefektifan kegiatan akses melalui  internet sangatlah diperlukan. Apalagi kini tidak hanya informasi pengetahuan saja yang semakin maju, tetapi kejahatan juga akan semakin maju. Walaupun teknologi semakin maju, kita sebagai manusia tidak perlu menjadi mundur (malas), tetapi harus menyetarakan kemajuan teknologi dengan kecerdasan dan kreativitas manusia. Sehingga dunia masih tetap terjaga dengan manusia yang semakin modern dan kebijaksanaan dalam menjaga dunia ini.

0 Response to " BUKAN SEMBARANG MEDIA AKSES PENGETAHUAN"

Posting Komentar