Blogger Widgets -->

Mulailah hal kecil untuk hidup sehat, Green Lifestyle


By: Larasfhn

Apa itu ‘Green Lifestyle’? Kalimat ini berasal dari kata green, life, dan style yang art masing-masing kata yaitu, hijau, hidup, dan gaya. Kalimat ini dapat diartikan sebagai ‘gaya hidup hijau’, atau gaya hidup sehat. Maksudnya kita di sini dianjurkan, bahkan diwajibkan untuk mencintai lingkungan kita, salah satunya mencintai tumbuhan di sekitar kita, yang juga menjadi kebutuhan sehari-hari makhluk hidup di dunia untuk kelangsungan hidupnya dengan cara menghirup oksigen yang dihasilkan oleh tumbuhan.
 Tumbuhan ini sangatlah berjasa kepada kita semua. Apalagi kita, sebagai manusia yang lebih sering membalas kebaikan tumbuhan dengan sangat kejam. Padahal, manusia adalah makhluk yang memiliki akal dan moral, tetapi terkadang beberapa kalangan dari kita menggunakan akal kita secara tidak sehat. Terlalu mementingkan prioritas individu semata, yang mana selain merugikan tumbuhan, manusia, bahkan makhluk hidup lain pun juga akan dirugikan. Seperti halnya ‘Illegal Lodging’, pembakaran hutan, pembuatan jalan-jalan besar dan pembuatan bangunan, serta perumahan yang juga mempersempit lahan untuk menanam tumbuhan.
Akan tetapi, sebagian orang mungkin akan sama bingungnya dengan saya karena di sisi lain pertambahan penduduk setiap tahun pasti akan semakin naik dan tak pernah seimbang dengan penurunan jumlah penduduk. Hal itu akan berpengaruh dengan tumbuhan-tumbuhan di dunia ini. Sempitnya lahan untuk menanam tumbuhan, digunakan untuk pembangunan rumah penduduk. Ditambah masyarakat kota yang menjadi penyebab utamanya, seperti limbah industri yang dibuang sembarangan, bertambahnya kendaraan bermotor yang mengakibatkan pencemaran udara, juga permukiman warga yang menutup daerah serapan air.  Sebab itulah sebagian masyarakat perkotaan mengadaptasikan dirinya untuk Green Lifestyle. Jadi, bagaimana solusinya?
Pertama, manfaatkan sarana yang ada untuk menanam tumbuhan, walaupun sedikit. Gunakan pot jika memang sudah tidak ada lahan tanah di sekitar rumahmu. Kedua, gunakan listrik seperlunya saja. Mengapa? Karena selain boros biaya listrik, sumber listrik kini semakin sedikit dikarenakan penggunanya yang semakin melunjak, untuk itu manfaatkan listrik sebaik-baiknya. Ketiga, gunakan AC seperlunya saja, jika tidak terkontrol dapat mengakibatkan efek rumah kaca. Keempat, sebaiknya makan makanan organik, sehingga dapat mengurangi limbah zat anorganik. Dan yang terakhir, kurangi makan makanan berkemasan plastik, jika sudah terlanjur, sebaiknya daur ulang saja kemasan plastiknya dengan membuat barang-barang yang bermanfaat. Itulah saran dari saya yang dapat kalian terapkan untuk menerapkan Green Lifestyle.
Terkadang, manusia kurang sadar dengan keadaan lingkungan kita yang sudah semakin buruk seperti ini. Jika tidak dimulai dari hal-hal kecil Green Lifestyle, akan bagaimanakah bumi ini? Mungkin Allah Swt. memang benar bahwa dunia ini semakin dekat dengan Hari Kiamat. Tetapi sebagai manusia, apakah kita tidak mau mempertahankan hidup? Setiap manusia pasti memiliki sifat untuk mempertahankan diri, maka kesadaran untuk hidup sehat hanya ada pada setiap individu. Memperingatkan hal baik tidak ada salahnya kan? (;  

0 Response to "Mulailah hal kecil untuk hidup sehat, Green Lifestyle"

Posting Komentar